Loker Jogja Tentor Bimbel Privat Materi Daur dan Siklus Air

Loker Jogja Tentor Bimbel Privat Materi Daur dan Siklus Air.
Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 Daur dan Siklus Air Materi air merupakan salah satu bahan kebutuhan dasar manusia. Air termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena air tidak akan pernah habis meskipun terus digunakan. Hal ini disebabkan air mengalami proses penDaur dan Siklusan (perputaran/siklus). Daur dan Siklus air merupakan perputaran/sirkulasi air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke bumi. Daur dan Siklus air terjadi melalui proses penguapan (evaporasi), pengendapan (presipitasi), dan pengembunan (kondensasi).

Daur dan Siklus air di mulai dari menguapnya air dari berbagai sumber karena pengaruh panas dari sinar matahari. Seperti air di laut, sungai dan danau. Proses ini disebut evaporasi (penguapan). Uap air naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan udara tidak dapat lagi menampung uap air. Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Pada saat suhu uap air turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air(mengembun). Titik-titik ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Titik-titik air di awan kemudian akan turun menjadi hujan. Berikut bagan proses Daur dan Siklus air Operasi eksploitasi dalam kegiatan Manusia yang mempengaruhi Daur dan Siklus air Daur dan Siklus air merupakan kejadian alamiah. Campur tangan manusia tidak ada dalam Daur dan Siklus air. Akan tetapi, manusia dapat mempengaruhi Daur dan Siklus air tersebut. Kegiatan yang dilakukan manusia dapat mempengaruhi atau mengganggu proses Daur dan Siklus air.

Berikut beberapa contoh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi Daur dan Siklus air :
1. Penebangan hutan secara berlebihan
2. Pembakaran hutan
3. Pembangunan jalan menggunakan aspal atau beton




Kegiatan manusia di atas dapat mengurangi daerah peresapan air. Akibatnya cadangan air di bumi semakin menipis sehingga sungai atau danau menjadi kering. Hal ini dapat menyebabkan proses penguapan semakin menurun, sehingga pengendapan titik-titik air di awan dan hujan berkurang. Tindakan Penghematan Air

Beberapa tindakan penghematan air yang bisa dilakukan, yaitu :
a. Menutup kran setelah digunakan
b. Menggunakan air seperlunya atau tidak berlebih-lebihan
c. Tidak mencuci kendaraan setiap har.

Demikian Loker Jogja Tentor Bimbel Privat Materi Daur dan Siklus Air 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Loker Jogja Admin Kantor Bimbel Kursus Media Belajar Nusagama

Loker Jogja Guru Bimbel Privat NUSAGAMA Materi Ekonometrik